Zero


Elfen Lied
May 20, 2007, 6:08 pm
Filed under: Anime & Manga

logo

Tokoh Utama :

Lucy
Lucy

Lucy/Nyu

Gadis diclonius tokoh utama dalam cerita ini. Sejak lahir dia mempunyai tanduk (ciri diclonius) dan dijauhi teman. Dia mempunyai 4 vector dengan radius maksimal 2 meter. Pada saat melarikan diri dari laboratorium penyelidik diclonius dia tertembak di bagian kepala, mengenai pelindung kepala yang akhirnya menjadikan dia lupa ingatan dan mempunyai kepribadian berbeda yaitu Nyu (nama yang diberikan oleh Kouta).Sifat Nyu sangat berbeda dengan Lucy. Nyu tidak mengerti bahasa manusia, lugu, dan tidak mempunyai ambisi membunuh selayaknya Lucy.

Nyuu
Nyu

Kouta

Kouta

Cowok biasa yang baik hati. Kouta sangat trauma terhadap kematian ayah dan adiknya yang dibunuh Lucy, namun Kouta seolah melupakannya dan menganggap adiknya dan ayahnya mati karena kecelakaan. Kuota merupakan satu satunya orang yang dapat meluluhkan hati Lucy.

Yuka

Sepupu Kouta. Dalam hatinya dia juga mencintai kouta, dan selalu cemburu apabila Kouta berduaan dengan Nyu.

Yuka

Tentang:

Vector Kekuatan yang dimiliki diclonius. Vector berupa tangan yang tidak terlihat (invisible hand) dan mempunyai kekuatan yang luar biasa serta jangauan yang panjang.
Diclonius Spesies manusia yang mempunyai tanduk. Spesies manusia? Ya, karena diclonius bisa bereproduksi dengan manusia*. Mempunyai kekuatan yang bernama vector.

*ciri spesies: jika dikawinkan dapat menghasilkan keturunan.

Ringkasan Cerita:

Lucy at Lab.
Lucy di Lab.

Bermula pada saat Lucy melarikan diri dari laboratorium diclonius. Lucy membunuh hampir semua penjaga yang menghadangnya yang akhirnya dia sampai di tepi jurang di atas laut dengan ombak yang menderu kencang. Salah satu penjaga hendak menembaknya menggunakan senapan anti-tank, namun pelurunya hanya mengenai helm Lucy yang terbuat dari besi dan Lucy terjatuh ke lautan lepas.

Kouta dan Yuka yang telah lama tak bertemu sedang berjalan ke tepi pantai tempat yang mengingatkan Kouta pada adiknya yang telah mati. Lalu di hadapan mereka berdua muncul sosok gadis tanpa busana dari lautan bebas. Gadis itu tampak lugu, berlari, dan akhirnya terjatuh. Yuka segera menyuruh Kouta melepas pakaiannya untuk dikenakan oleh gadis itu.

Karena mereka tak tahu darimana asal usul gadis tersebut, maka Yuka menyuruh Kouta beserta gadis itu tinggal di bekas penginapan milik Yuka yang sudah lama tidak dipakai. Yuka bingung tentang siapa nama gadis itu, lalu Kouta memanggilnya Nyu, karena tidak ada kata yang bisa diucap dari mulut mungil gadis itu selain kata “Nyuu… Nyu~~~”.

Kehidupan antara Kouta, Nyu, dan Yuka di penginapan dipenuhi dengan canda tawa, keluguan Nyu, perasaan cemburu Yuka terhadap Nyu, dan selayaknya kehidupan biasa. Sampai pada akhirnya ada pihak polisi yang datang dan menanyakan keberadaan Lucy kepada Kouta, pada saat itu Nyu sedang tidak ada di penginapan. Begitu pula dengan laboratorium diclonius yang mengirimkan agen khusus untuk menangkap Lucy, sang pembunuh berdarah dingin yang kebal peluru.

Nyu
Nyu memberi Kouta kulit kerang

Nyu yang saat itu sedang di pantai bertemu dengan Bandou, anggota tim khusus untuk menangkap Lucy yang mempunyai kemampuan membunuh tingkat tinggi dengan pistol serta seorang yang keras kepala. Bandou yang saat itu bersama rekannya tiba tiba memperlakukan Nyu dengan tidak sopan sampai Nyu marah dan kepribadian Lucy muncul. Lucy membunuh rekan Bandou memotong kedua kaki Bandou, Memotong tangan kiri Bandou, mematahkan tulang lengan kanan Bandou, serta menusukkan jari vector ke kedua mata bandou yang ngakibatkan Bandou buta, lalu Lucy pergi meninggalkan mereka.

Kegagalan Bandou membuat pihak laboratorium diclonius kesal, sehingga mereka mengirimkan diclonius “nomor tujuh”. Nana, nama diclonius tersebut, dia tidak ingin membunuh, dia mempunyai jangkauan vector lebih jauh daripada Lucy, dia menganggap Direktur Kurama sebagai ayahnya.

Kedatangan Nana untuk menangkap Lucy sama nasibnya dengan Bandou, dia gagal dan akhirnya kehilangan kedua tangan, dan kakinya. Pertempuran antara kedua diclonius tersebut diketahui Mayu, gadis yang hidup sendiri karena tekanan rumah tangga.Mayu gadis yang hidup sendiri akhirnya bertemu dengan Nyu lalu ikut dalam penginapan walau dengan perasaan tidak ingin merepotkan.

Dengan beberapa alur mundur (flash back) dalam cerita, yang mengisahkan masa lalu Lucy akhirnya Lucy ingat dengan jelas siapa dia sebenarnya. Lucy, yang masa kecilnya selalu diejek oleh temannya karena memiliki tanduk, Lucy, yang membunuh semua teman sekelasnya dengan kekuatan vector, dan Lucy… yang jatuh hati kepada Kouta, karena dia tidak menganggap Lucy aneh dengan kedua tanduknya. Kouta yang dahulu adalah satu satunya teman Lucy sampai akhirnya dia pindah keluar kota.

Pada saat Kouta hendak pindah keluar kota Lucy ingin menghabiskan malam terakhir dengan Kouta di acara festival tahunan. Namun Kouta menolak, karena dia akan pergi bersama sepupunya, dia berbohong kepada Lucy dengan mengatakan dia pergi bersama sepupunya laki-laki, padahal dia pergi bersama Yuka.

Lucy datang ke festival tahunan, mengetahui Kouta yang bersama Yuka. Amarah Lucy meledak, dia membunuh orang orang yang berada di sekitarnya hanya dengan hitungan detik. Kejadian itu diketahui oleh adik Kouta. Pada saat Kouta hendak meninggalkan kota, di stasiun dia berharap Lucy hadir, namun Lucy tidak datang. Di dalam kereta ternyata Lucy duduk di gerbong sepi di sebelah gerbong Kouta dan keluarganya. Adik Kouta yang mengetahui bahwa Lucy adalah pembunuh mengatakan hal yang membuat Lucy marah, Kouta membela Lucy, karena dia tidak tahu siapa Lucy. Kemarahan Lucy mengakibatkan dia menggunakan vectornya. Dia membunuh adik Kouta tepat di depan mata Kouta, dia memotong perut adik Kouta dengan jelas dan membuat Kouta shock. Ayah Kouta yang hendak menolongpun dipotong kepalanya oleh vector Lucy. Sejak saat itulah Kouta menjadi sangat trauma dan tidak ingin mengingat tentang kejadian itu.

Nana yang sudah pulih dengan tangan dan kaki pasangan melanjutkan kehidupan bersama Mayu dan yang lain di penginapan namun pihak laboratorium yang masih ingin menangkap Lucy akhirnya mengirimkan super diclonius, Mariko, diclonius dengan jangkauan vector puluhan meter dan jumlah yang banyak, dia putri kandung Direktur Kurama yang sejak lahir menjadi kelinci percobaan di laboratorium diclonius. Mariko yang bertempur melawan Lucy akhirnya menang, dia mematahkan satu tanduk Lucy, dan bertemu dengan ayah kandungnya, Direktur Kurama. Mariko dan Direktur Kurama akhirnya mati terkena ledakan dari bom yang dipasang di tubuh Mariko.

Akhir cerita, Lucy yang duduk di tangga pinggiran jalan dihampiri Kouta. Kouta sadar bahwa Nyu yang dia kenal adalah Lucy dan dia adalah pembunuh adik dan ayahnya. Pada saat Lucy hendak pergi Kouta memeluk Lucy. kouta berkata kalau dia tidak akan memaafkan Lucy atas apa yang telah dia perbuat terhadap adik dan ayahnya, namun dia lebih tidak akan memaafkan apabila Lucy membunuh orang lagi. Lucy yang sangat mencintai Kouta memeluk Kouta dengan erat dan menangis. Lucy tak punya pilihan dia harus menghadapi puluhan pasukan yang datang untuk menangkapnya. Lucy kehilangan satu tanduknya lagi. Untuk keesokan harinya Lucy tidak pernah pulang lagi ke penginapan. Kouta, akan selalu mengingat Lucy dengan menyimpan memento sebuah kulit yang pernah Lucy berikan untuknya.

Kouta Lucy
Kouta saat memeluk Lucy dari belakang

Keunggulan:

Keunggulan cerita ini terletak pada alur yang digunakan, jalan cerita, dan peranan dari tiap karakter. Alur dalam cerita ini membuat kita bertanya tanya di awal cerita, siapa sih Lucy? Apa sebenarnya diclonius? Vector itu apa? Namun di akhir cerita semua akan terjawab. Jalan cerita dalam Elfen Lied ini juga sangat unik dan mengharukan. Dengan visual yang tergolong untuk kalangan 17+ untuk isi yang melibatkan kekerasan membuat kita seakan merasakan bagaimana kehilangan adik dan melihat dengan kepala sendiri bagian tubuh adik kita yang terbagi dua. Sangat mengerikan memang. Saya memberikan bintang 9 untuk anime ini!

Kredit:

Wikipedia – isi

El fansub de Elfen Lied – galeri

Advertisements

13 Comments so far
Leave a comment

Post pertamaku T-T wlau agak kacaw…

Rating untuk Anime ini = 9 star!! Ceritanya yang bikin keren… ga pernah gw ngeliat anime yang bisa bikin gw bener bener terharu 😦

Bagi yang mau pesen CD/DVDnya bisa liat di zeroanime.co.nr ato di halaman Zero Anime (link di kiri) kontak lewat YM, MSN, ato e-mail kalo mau pesen… thanks…

Comment by Loki Dan

waaaaahh….aku udah pernah nonton ^_^
anime nya keren bangetc ^_^

klo yg ini dikasi rating 10 juga ridha deh,hehe.

Comment by btyop

ah dodol…..

nih anime bner2 edan masa cmn 10 sih rating nya…

100 gwe ridho brow….

Comment by yuto

Setuju ama yuto!

Walau fan service dimana-mana *jujur, saya agak risih melihatnya, mungkin karena saya cewek*, saya suka banget ama jalan ceritanya! Anime paling angst yang pernah saya tonton, dan membuka mata kita kalo banyak masalah kemanusiaan yang terjadi di sekitar kita. Semua tokoh memiliki konfliknya masing-masing, walau nggak semua bisa menyelesaikannya dengan tuntas, setidaknya ada pelajaran yang bisa dipetik^^

Lepas dari semua itu, saya emang suka banget ama adegan mutilasi, muahahahahaha!

Comment by gHee

Mau tau penilaian saya atas anime ini:

0(zero) Stars!

Mengapa?
1. Nudity
2. Blood/gore and Violence
3. Child Rape?? iiihhh! Dengernya aja dah merinding.

oh, Come on, Guys!
di anime ini, seorang adik di bunuh secara brutal didepan kakanya sendiri, dan anda tetap memberi rating 100!? Kemanakah perginya hati nurani Anda?

Comment by anti-otaku

Jangan denger “anti otaku”!!!
dari namanya aja udah bisa di baca, kalo dya gak suka ama anime n otaku!!!
kalo orang pinter,,,
ngeliatnya bukan dari hal2 yg negatifnya……
tapi dari mana arah ceritanya di tuju dan inti yang membuat cerita itu menjzadi menarik!!!!
dari pada gak boleh di kasih 100 poin, gw kasih 100000 poin aja.
cz gw suka ama anime yang berbau horor…..

Comment by gizaruku

and ecchi

Comment by gizaruku

2007 ke 2011 jawh amat yak,, saya baru nonton nih anime, ceritanya memang mengharukan banget,, setuju ma yg di atas ane,, gw kasih 100000 poin aja…

Comment by gozur32

setuju ama yg di atas aku jga suka ama ni anime meskipun agak sadis and bnyk >>>sensor<<< nya tpi ada adegan yg mengharukan jdi aku ngasih 100000 rating

Comment by suci

sips Benar abis ,sya stuju kalau anime ini dberi nilai 100000 Star, karn alur ceritn nya sedih dan horror abis sih, gue suka adegan mutilasi nya serem abiss hahaha……

Comment by Taupik

Film nya Bagus. Saya suka ceritanya. Membuat terharu. Tapi kekurangannya, pas waktu ending bikin Hati dan Pikiran Bertanya tanya. Semoga ada kelanjutan Dari Cerita ini.

Comment by firmansyah

Jujur,ane pertama kali nonton anime ini cuma coba2,soalnya ane gk terlalu suka anime lama karena ane kira ceritanya gak sebagus anime keluaran baru.Setelah gw tonton ternyata alurnya bagus bgt.Gw sangat menikmati setiap episodenya,sampe2 di episode akhir mata ane sampe banjir,apalagi pas flashback nya.Salut dah buat sutradara elfen lied,bagus bnget animenya meskipun ceritanya singkat.

Comment by GoGo

gak sengaja gwe buka link’y masih ada..
pertama x gwe liat film genre yg distorsi’y ngalir gak tetap ELFEN LIED..
13 tahun lama’y dan kualitas’y gak pernah ada yg ngalahin..
13 tahun pula gwe nunggu kelanjutan anime ini..
dan ternyata ayah dosen yg di bunuh oleh lucy dia pun sejenis declonius juga..
dan di akhir cerita juga ada seorang cewek datang dan tiba2 jam besar rusak itu berbunyi dan seekor anjing kecil “wuta” menggonggong senang..
apakah itu lucy “nyuu” yang datang.?
tolong buat mimin’y, kirim email dong ke si pembuat anime ini buat di lanjut..
13 tahun gwe udah nungguin kepastian lanjutan’y..
love banget sama anime yg boleh di katakan legend..
:* ❤

Comment by vibe




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: